Peluang Usaha Ternak Burung Murai

budidaya burung murai

Burung murai batu medan bisa menjadi salah satu peluang usaha di bidang peternakan yang cukup menjanjikan seperti juga keuntungan beternak ayam petelur . Tingginya permintaan di pasaran membuat usaha ini dapat memberikan keuntungan pundi pundi yang menggiurkan karena burung ini memiliki harga yang cukup tinggi dipasaran. Bagi para pecinta burung kicau, murai batu medan merupakan jenis burung yang wajib dimiliki.

ads

Keunikan dari burung ini adalah suara kicauannya yang merdu, bervariasi dan bermelodi. Beberapa lomba kicau burung kerap digelar untuk mempertandingkan kemampuan murai batu dalam berkicau. Burung yang keluar sebagai juara akan memiliki harga yang melambung tinggi.

Ada dua jenis burung murai batu di indonesia yakni murai batu yang bersal dari kalimantan, dan murang batu yang berasal dari sumatra ( medan, lampung hingga aceh). Namun, harga jual murai batu dari sumatra lebih tinggi dibandingkan dengan murai batu asal kalimantan.

Inilah mengapa banyak pembudidaya yang lebih melirik untuk membudidayakan murai batu asal sumatra terutama burung murai batu medan yang memiliki harga jual paling tinggi dibanding murai batu sumatra lainnya. Beternak burung murai batu medan tentu berbeda dengan cara budidaya ikan patin di kolam terpal merupakan hal yang gampang gampang susah.

Cara Budidaya Burung Murai Batu Medan

Apalagi jika anda adalah pemula dalam bisnis ini. Tentu ada banyak hal yang harus anda pelajari. Tidak perlu khawatir karena disini kami akan mengupas tuntas cara budidaya burung murai batu medan paling mudah bagi pemula.

1. Pemilihan Lokasi Kandang

Lokasi kandang akan sangat menentukan keberhasilan dalam budidaya murai batu medan dan cara budidaya son conure . Lokasi kandang yang tepat akan memberikan kenyamanan dan memudahkan burung beradaptasi. Untuk bisa memilih lokasi yang tepat perhatikan hal hal seperti berikut :

  • Pilih lokasi yang jauh dari suara suara bising seperti suara mesin pabrik atau suara kendaraan bermotor yang lalu lalang.
  • Pilih lokasi kandang yang tenang dan nyaman.
  • Lokasi kandang harus terhindar dari pencuri atau gangguan binatang buas.
  • Lokasi ideal yang bisa anda pilih antara lain di area samping rumah, depan ataupun belakang.
  • Usahakan lokasi kandang berjauhan dengan lokasi penangkaran burung lainnya yang bisa membuat burung marah dan enggan berkembang biak.

2. Pembuatan  Kandang

Setelah pemilihan lokasi kandang maka tahap selanjutnya adalah pembuatan kandang burung murai batu medan yang tentunya berbeda dengan cara budidaya ikan mas koki . Anda bisa mendesaian atau mendekorasinya sesuai keinginan namun, tetap harus memenuhi kriteria dibawah ini:

  • Sesuaikan ukuran kandang dengan luas lokasi yang tersedia.
  • Ukuran ideal kandang minimal haruslah memiliki panjang 90 lebar 90 dan tinggi 180 cm.
  • Antara kandang yang satu dengan yang lain haruslah memiliki sekat. Anda bisa menggunakan triplek, tembok atau penyekat lainnya.
  • Bagian dasar kandang bisa di isi dengan tanah, pasir atau kapur, hal ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kandang.
  • Berikan ruang terbuka pada bagian kandang, agar sinar matahari langsung dapat masuk kekandang.
    ads

3. Persiapan Peralatan Pendukung Kandang

Untuk mendukung pemeliharaan dan perawatan burung murai batu medan dan cara budidaya ayam bangkok maka diperlukan alat pendukung yang harus dipersiapkan seperti dibawah ini:

  • Tempat Sarang

Tempat bersarang haruslah dipersiapkan, agar ketika bertelur burung telah memiliki tempat khusus. Agar lebih nyaman gunakan sarang dari anyaman bambu yang dilapisi dengan kain dan di isi dengan rumput kering. Atau jika anda kesulitan mendapatkan anyaman bambu anda bisa menggunakan kuali bekas, baskom atau bekas wadah nasi.

  • Tenggeran

Tenggeran yang dibuat didalam kandang tidak boleh menganggu aktifitas burung murai. Tenggeran harus dibuat dengan nyaman agar bisa dijadikan tempat bermain. Sehingga burung tidak merasa stres.

  • Tempat Pakan dan Air Minum

Tempat pakan dan air minum hal wajib yang harus ada dan dipersiapkan di dalam kandang. Letakkan tempat pakan dan minum di lokasi yang terlihat dan berdekatan dengan burung murai batu medan. Selain itu, selalu jaga kebersihan tempat pakan dan minum dan periksa agar tidak tercemar bahan kimia.

  • Lampu

Lampu berfungsi sebagai alat penerangan di malam hari dan saat musim penghujan. Hal ini akan membuat burung tidak merasa ketakutan. Selain ini suhu lampu akan membuat kandang tetap dalam kondisi hangat. Gunakan lampu dengan ukuran 5-10 watt dengan cahaya yang tidak terlalu terang.

4. Perawatan Kandang Murau Batu Medan

Kandang yang nyaman dan bersih akan mendukung pertumbuhan murai batu medan agar tumbuh optimal. Selain itu juga dengan menjaga kebersihan kandang maka murai batu dan cara budidaya burung puyuh tidak akan gampang terserang hama dan penyakit. Selain kebersihan beberapa perawatan kandang yang wajib anda lakukan antara lain:

  • Membersihkan wadah pakan, dan minum secara berkala. Lakukakan setiap hari.
  • Setiap harinya ganti pakan dan air minum dengan yang baru.
  • Sebelum di ganti buang sisa pakan dan minum yang masih tersisa.
  • Bersihkan kotoran butung setiap hari dan buang di tempat khusus penampungan kotoran.
  • Bersihkan sangkar minimal setiap 1 munggu sekali. Dengan cara di cuci bersih kemudian disiram desinfektan dan di keringkan di bawah sinar matahari.
  • Bersihkan tenggeran burung setiap 4 hari sekali.

5. Pemberian Pakan

Pemberian pakan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan, menunjang aktivitas serta produktivitasnya. Pakan yang bisa diberikan dapat berupa pakan alami, pakan buatan atau pakan campuran. Selain itu juga burung murai batu medan dan cara budidaya burung lovebird perlu diberikan vitamin agar nutrisinya tercukupi. Pakan alami yang bisa anda berikan dapat berupa serangga, rangrang atau ulat.

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas kicaunya pakan berupa kroto sangat baik dan wajib diberikan untuk burung kicau seperti burung murai batu medan. Atau anda juga bisa memvariasikan pakan burung murai batu medan anda dengan memberikan voer khusu burung yang lebih praktis dan tentu harganya lebih murah serta mudah di dapatkan di pasaran.

6. Cara Memandikan

Mandi merupakan salah satu cara untuk membuat murai batu medan tetap sehat dan menjaga kebugarannya. Manfaat lain yang akan diperoleh adalah dengan mandi maka bulu bulu pada tubuh murai batu medan akan lebih cepat tumbuh dan bisa merangsang pertumbuhan bulu baru. Ada 2 cara yang dapat anda pilih untuk memandikan murai batu medan.

  • Masukkan bak mandi kedalam sarang, atau pindahkan ke kandang yang lebih luas yang telah disediakan wadah mandi dengan ukuran ideal 17x10x6 cm. Atau
  • Lakukan penyemprotan menggunakan handsprayer untuk memandikan burung, penyemprotan dilakukan dengan cara menuemprot bagian atas kandang. Jangan langsung menyemprot ke bagian tubuh murai batu medan, hal ini dapat merusak kualitas bulunya. 
    Sponsors Link

7. Cara Menjemur Burung Murai Batu Medan 

Penjemuran murai vatu medan paling ideal dilakukan dari jam 07.00-10.00 seperti juga dalam cara budidaya ayam petelur . Saat cuaca matahari tidak terlalu terik. Atau anda bisa menyesuaikan dengan cuaca yang ada. Untuk lamanya waktu penjemuran bisa mecapai 60 menit atau lebih. Sesuaikan dengan kondisi burung. Menjemur dalam waktu lama dan cuaca yang terik akan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup murai batu.

8. Pemilihan Indukan Murai Batu Medan

Dalam memilih indukan murai batu tidak perlu yang mahal atau yang sering juara. Untuk awal awal anda bisa belajar meningkatkan pengalaman. Baru setelah itu anda bisa bergser untuk memilih indukan yang berkualitas. Dalam menentukani dukan yang baik ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi :

  • Indukan Jantan
    Pilih penjantan yang sehat, memiliki nafsu makan lahap, tidak cacat fisik, memiliki gerakan yang licah serta warna bulu tidak kusam. Anda bisa memperolehnya melalui penangkaran burung. Pilih burung yang sudah jinak, dan tidak takut akan kehadiran manusia.
  • Indukan Betina
    Pilih indukan betina yang memiliki umur lebih dari 1 tahun. Tidak memiliki cacat fisik. Sehat, doyan makan, bergerak aktif setrta memiliki warna bulu yang mengkilap. Selain itu, untuk memudahkan dalam beternak pilih burung yang jinak dan sudah terbiasa dengan kehadiran manusia.

9. Perkawinan Murai Batu Medan dengan Metode Poligami

Dengan metode poligami anda bisa lebih menghemat biaya seperti cara budidaya kroto . Karena tidak perlu membeli indukan jantan dalam jumlah banyak. Bahkan dalam satu kandang yang diisi 1 indukan jantan dan 7 indukan betina masih dikatakam ideal. Namun, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi, antara lain:

  • Masukkan 2 ekor indukan burung betina yang telah berumur 1 tahun lebih kedalam kandang perkawinan  terlebih dahulu.
  • Biarkan selama 2 minggu agar beradaptasi dengan lingkungan.
  • Setelah burung betina memasuki fase birahi maka ia akan menunjukkannya dengan ciri ciri bersiul dan mendekati kandang pejantan.
  • Pada saat inilah waktu yang tepat untuk memasukkan penjantang kedalam kandang perkawinan.

10. Merawat Anakan Murai Batu Medan

Setelah melalui keberhasilan dalam proses perkawinan. Maka burung betina akan menghasilkan telur. Yang kemudian akan menetas dan menjadi anakan murai batu. Pada saat ini perawatan anakan sangat penting dilakukan untuk bisa mempertahankan kehidupan anakan seperti cara budidaya jangkrik .

Pada umur 7-14 hari anda bisa mulai memberikam pakan berupa voer burung. Yang di berikan setiap satu jam sekali. Saat memasuki usia lebih dari 15 hari biasanya anakan telah mampu untuk makan kroto.

Sponsors Link
 

Analisis Usaha Budidaya Murai Batu Medan

Bagi anda pemula mungkin akan bertanya tanya berapakah modal yang harus dimiliki untuk visa memukai usaha ini. Berikut kami berikan analisis budidaya burung murai batu medan.

Modal Usaha

  • Sepasang Penjantan @17.000.000
  • Sepasang Betina @ 3.000.000
  • Pembuatan kandang @ 15.000.000
  • Pembuatan inkubator 3.000.000

Total 38.000.000

Biaya Operasional Selama 4Bulan Budidaya

  • Penyusutan Kandang (120hari) 15.000.000@4/120 500.000
  • Penyusustan inkubator  (60hari) 3.000.000@4/60 200.000
  • Voer burung 12@20.000 240.000
  • Jangkrik 3 karung @ 50.000 150.000
  • Kroto 3 kg @ 100.000 300.000
  • Biaya perawat 450.000

Total 1.750.000

Hasil Penjualan

  • Sepasang indukan murai batu medan @ 10.000.000
  • 20 anakan @ 1.000.000 20.000.000

Total Laba 30.000.000-1.750.000 28.250.000

Nah, itulah cara budidaya burung murai batu medan bagi pemula. Modal paling utama yang harus anda miliki adalah kesabaran, ketelatenan, keuletan, kerja keras serta ketekunan. Tanpa itu semua maka usaha anda akan sulit mencapai keberhasilan. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu.

Referensi : Ilmubudidaya.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.