Analisa Peluang Usaha Kaos Distro, Keuntungan dan Modal Usaha Distro

usaha distro

Analisa Peluang Usaha Kaos Distro, Keuntungan dan Modal Usaha Distro, Abad 21 Menjadi awal dari berdirinya distro (distribution outlet) distro dikenal di kalangan anak muda khususnya mereka yang lahir di tahun 90an. Baju/Kaos dengan design yang minimalist serta unik. Design baju disesuaikan dengan design yang sedang naik daun sesuai kebutuhan konsumen.

berbagai fashion, misalnya kaus, kemeja, celana panjang, jaket, topi, dompet dan sebagainya. Saat ini, distro sudah banyak dijumpai di berbagai kota di lokasi-lokasi strategis, khususnya yang dekat dengan pasar keramaian atau tempat nongkrong anak muda. Pangsa pasar yang masih terbuka lebar inilah yang membuat distro semakin marak dijadikan sebagai bisnis oleh para pengusaha di luar sana. Banyaknya minat anak muda terhadap kebutuhan fashion membuat peluang usaha di bidang distro terbuka lebar, tidak hanya bagi orang dewasa, namun juga bagi kamu yang masih remaja.

Berbicara tentang peluang usaha jualan baju distro memang sangat menjanjikan, hal itu di dorong dengan teknologi semakin canggih membuat desain-desainnya semakin unik dan cantik. Masalah kualitas pun tak perlu diragukan lagi, halus tidak mudah robek. Pada umumnya, banyak pelaku usaha ini pada awalnya hanya menjual tidak memproduksi sendiri. Seperti menjual produk orang lain atau disebut sebagai dropship, dan menyerahkan produksinya ke pengusaha konveksi atau disebut sebagai vendor. Sementara pelaku usaha distro fokus pada pembangunan brand. Sehingga anda pun bisa konsentrasi 100 persen memikirkan promosi dan penjualan. Nah, untuk merek clothing yang baru dirintis sebaiknya memasarkan produknya dengan sistem jual atau titip di toko distro khusus. 

Kiat Sukses Memulai Bisnis Distro

  • Memilih lokasi yang strategis, misalnya dekat dengan pusat perbelanjaan, pusat keramaian, kampus, sekolah dan tempat nongkrong anak muda.
  • Mencari pemasok yang mau diajak bekerja sama memasok produk fashion ke distro dengan harga yang lebih rendah namun kualitasnya bagus
  • Menjual produk fashion yang banyak diminati pasar dan sedang tren di kalangan anak muda
  • Menghindari memasang harga yang terlalu mahal untuk semua produk fashion yang dijual supaya cepat laku
  • Melakukan branding agar mudah dikenal banyak orang
  • Menjual tema atau konsep yang unik

Rincian Modal dan Total Biaya Operasional BISNIS DISTRO

No

Modal Awal

Biaya

1

Rak lemari dan hanger

Rp 2.300.000,00

2

Meja dan kursi kasir

Rp     350.000,00

3

Speaker dan alar pemutar musik

Rp     800.000,00

4

Papan iklan distro

Rp     400.000,00

Total Modal

Rp 3.850.000,00

No

Biaya Operasional

Biaya

1

Produk fashion (semua jenis yang trend)

Rp 6.800.000,00

2

Sewa tempat per bulan

Rp     500.000,00

3

Gaji pegawai 1 orang

Rp      750.000,00

4

Listrik, telepon dan lain-lain

Rp      200.000,00

Total Biaya Operasional

Rp 8. 250.000,00

No

Potensi Pendapatan

1

Penjualan produk fashion 

= Rp 400.000,00/hari x 30 hari

Rp 12.000.000,00

Keuntungan Per Bulan

Potensi Pendapatan – Total Biaya Operasional

= Rp 12.000.000,00 – Rp 8.250.000,00

Rp 3.750.000,00

Manajemen Bisnis Untuk Menjamin Kesuksesan Usaha Distro

  • Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, agar pelanggan merasa puas dan selanjutnya mau menjadi pelanggan yang royal
  • Membuat rancangan display yang menarik, sehingga produk fashon yang dijual terlihat sangat menarik dan cocok untuk dibeli (Pastikan desain tempat / toko distro anda unik dan terkesan elegan, agar konsumen penasaran,)
  • Sesekali mengadakan konser mini atau kecil di depan distro dengan menyuguhkan lagu-lagu khas anak muda, agar distro anda semakin dikenal di kalangan anak muda yang menjadi sasaran utamanya.
  • Kepuasan konsumen merupakan kunci utama meraih kesuksesan, maka dari itu berikan layanan yang terbaik agar binsis distro anda ramai.

Berbisnis ini memang membutuhkan modal yang cukup besar agar perputarannya juga lebih cepat. Tapi, bukan berarti kalau tidak punya modal anda tidak bisa memulainya. Ada cara yang bisa anda lakukan tanpa harus mengeluarkan banyak modal, asalkan anda punya kemampuan desain grafis dan punya konsep unik. Sistem Pre Order (PO), yang merupakan cara punya usaha tanpa modal besar. Artinya, kaos diproduksi setelah ada membelinya tentu dengan minimal yang ditentukan. Bagaimanakah caranya :

  • Pilih konveksi yang mau diajak kerjasama sesuai dengan kebutuhan anda saat ini
  • Membuat desain atau mengangkat tema dan konsep desain yang unik
  • Mempromosikan dengan berbagai media online dan offline

Tinggalkan Balasan