Trik dan Perhitungan Usaha Konter Pulsa/Hp

usaha handphone dan konter

Ada banyak cara dan langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencapai sebuah kesuksesan, salah satunya adalah dengan cara berdagang. Dalam berdagang, Anda tentu harus bisa melihat situasi dan kondisi untuk menjual barang apasaja kah yang saat ini sedang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Di era globalisasi yang semakin canggih ini, ada banyak peluang usaha yang bisa Anda coba untuk membuka peluang bisnis seperti usaha counter hp dan pulsa.

Meskipun penjual hp dan pulsa sudah terbilang banyak dan ada dimana-mana, namun bukan berarti Anda tidak bisa meraih kesuksesan melalui jenis perdagangan counter hp dan pulsa ini. Untuk mencapai kesuksesan tersebut, yuk lihat ulasan tentang trik menjalankan usaha counter hp dan pulsa agar laris manis berikut ini.

  1. Pilihlah Distributor yang Kualitasnya Prima

Sebelum Anda memulai usaha di bidang perdagangan counter hp dan pulsa, ada hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu yaitu meriset dealer pulsa yang memiliki kualitas oke dan prima. Hindari pembelian pulsa pada dealer yang track record seperti pulsa terlambat masuk, sering mengalami gangguan dan sistem pelayanan yang kurang baik. Hal ini karena peran dealer akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kelangsungan usaha Anda.

  1. Menetapkan Harga yang Sesuai dengan Kualitas Usaha Anda

Jika sudah memilih dealer yang memiliki kualitas oke dan prima untuk usaha counter hp dan pulsa Anda, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas usaha counter hp dan pulsa Anda. Penetapan harga biasanya ditentukan oleh harga beli dari dealer yang Anda pilih tersebut. Selain itu penetapan harga juga dilihat dari harga pasaran yang berlaku. Di sini Anda boleh saja memasang harga dibawah pasaran, namun harga tersebut jangan sampai membuat usaha Anda menjadi rugi karena salah perhitungan.

Memang bersaing dengan harga yang murah itu akan menarik perhatian konsumen, namun jika Anda hanya memasang harga yang murah saja tanpa diimbangi pelayanan yang baik maka hasilnya pun akan menjadi percuma dan akan membuat pelanggan Anda menjadi tidak percaya lagi terhadap usaha counter hp dan pulsa Anda. Jadi bersikap realistislah saat menetapkan harga yang akan Anda berikan kepada konsumen. Caranya yaitu dengan menghitung semua modal mulai dari harga pokok, ongkos pergi ke dealer sampai maintenance yang Anda keluarkan. Dengan demikian, usaha counter hp dan pulsa Anda pun akan lancar dan terhindar dari sebuah kerugian

  1. Gunakanlah Media Sosial Agar Semakin Banyak yang Mengetahui Usaha Counter Hp dan Pulsa Anda

Sebenarnya, bagi Anda yang baru ingin memulai usaha counter pulsa tidak harus memiliki modal yang besar. Untuk langkah awal Anda bisa menyediakan modal sebesar Rp 50.000-100.000 untuk mendeposit pulsa. Hal ini biasanya dilakoni oleh para siswa SD, SMP, SMA sampai Mahasiswa. Jika Anda belum mempunyai modal besar untuk membuka counter di kios-kios, maka Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti BBM, line, facebook, twitter dan media sosial lainnya sebagai perantara usaha Anda. Disini, Anda bisa mempromosikan produk-produk yang Anda jual di media sosial tersebut agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui bahwa Anda menjual pulsa dan hp. Untuk lebih mempermudah penjualan Anda, maka tinggalkanlah nomor handphone, BBM, whatsapp, line dan sebagainya sehingga pelanggan yang mau membeli produk Anda bisa menghubungi dengan mudah.

  1. Bukalah Jasa Counter Hp dan Pulsa Saat Malam Hari

Biasanya orang akan cenderung memerlukan pulsa mendadak pada malam hari, maka tentu ini adalah sebuah peluang untuk usaha Anda khususnya yaitu pulsa. Jika ini memungkinkan bagi Anda, bukalah jasa counter hp dan pulsa pada waktu malam hari. Anda bisa menyewa tenaga kerja seseorang yang bisa berjaga sepanjang malam. Namun di sini Anda juga harus mencari seseorang terlebih dahulu yakni seseorang yang bisa dipercaya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kaum mahasiswa biasanya paling cenderung membutuhkan pulsa pada malam hari yang biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas, menelpon keluarga di luar kota dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini agar usaha counter pulsa Anda laris manis.

  1. Jangan Membiarkan Konsumen Menghutang

Sebenarnya Anda boleh saja memberikan hutang kepada konsumen. Namun disarankan Anda hanya memberikan hutang kepada orang-orang yang bisa di percaya saja dalam hal membayar. Hal ini dikarenakan, banyak pengusaha counter pulsa dan hp yang gulung tikar akibat dari banyaknya konsumen yang menghutang tersebut. Maka dari itu, sebagai pemilik usaha counter hp dan pulsa Anda harus tegas dalam memberikan batas kepada konsumen Anda.

Untuk memulai usaha konter HP yang paling awal adalah dimulai dari tahap yang paling sederhana lebih dahulu. Anda tidak perlu mengeluarkan uang berjuta-juta untuk memulai usaha ini. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari orang-orang sukses, mereka rata-rata memulai usahanya dari 0 (nol).

Sebelum anda melangkah dengan segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan HP, maka yang harus anda siapkan adalah HP. Modal Pokok untuk memulai bisnis ini adalah anda harus memiliki HP. Jika anda sudah punya HP anda sudah bisa memulainya sekarang.

Jumlah pengguna handphone terus saja bertambah. Kebanyakan dari pengguna ini memakai kartu prabayar, dan tentu saja memerlukan pengisian pulsa. Nah, seiring pertumbuhan pengguna HP ini, konter penyedia isi ulang pulsa juga terus bermunculan.

Oke langsung saja, bagi anda yang berniat membuka usaha Counter Pulsa mungkin ini bisa menjadi rujukan dan pertimbangan anda.
Persiapan yang harus anda lakukan adalah :

  1. Modal yang diperlukan untuk membeli pulsa dan kartu perdana
  2. Survey tempat penyedia pulsa multi yang murah dan berkualitas.
  3. Cari posisi strategis untuk disewa dan dijadikan counter

Pelaksanaanya :

Membeli voucher pulsa dari penyedia pulsa elektrik dan vocher fisik.

  1. Membeli dan memilih kartu perdana yang dibutuhkan.
  2. Harus pandai memperkirakan stok pulsa dapat bertahan minimal untuk 2 hari
  3. Membeli HP yang murah saja untuk alat transaksi pulsa anda.
  4. Membeli Aksessoris HP (Batterai, Heandset, Carger, dan lain-lain)
  5. Membuat papan nama, tidak perlu besar, yang penting konsumen tahu kalau tempat anda menjual pulsa.
  6. Jual pulsa jangan terlalu mahal, cukup mengambil untung 700 sampai 1000 saja per transaksi. sehingga akan banyak pelanggan anda. karena iklan paling jitu adalah iklan dari mulut kemulut.

Tantangan dan rintangan :

  1. Banyaknya saingan
  2. Vocher fisik dan kartu perdana habis masa berlakunya

Contoh Perhitungan Usaha:

  • Peralatan
  • Meja Etalase                            1.000.000
  • Telpon Selluler (second)               300.000
  • Rak untuk aksessoris                    500.000
  • Kursi Plastik                                 200.000
  • Total                                         2.000.000

Perlengkapan :

  • Deposit Pulsa Elektrik                  2.500.000
  • Biaya tak terduga                            500.000
  • Total                                            3.000.000

Perhitungan Laba / Rugi perBulan

  • Laba dari Pulsa           90.000 x 30 = 2.700.000
  • Laba dari Aksesoris    60.000 x 30 = 1.800.000
  • Total                                                 4.500.000

Pengeluaran 

  • Sewa bangunan                              500.000
  • Biaya penyusutan                              50.000
  • 25% untuk tambahan modal         1.125.000
  • Total                                           1.675.000

Laba bersih 4.500.000  – 1.675.000 = 2.825.000

Semoga dapat membantu anda dalam memilih dan menentukan jenis usaha kecil yang ingin anda geluti.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.