Analisa Peluang Usaha Daur Ulang Kertas

Kertas menjadi salah satu alat tulis wajib bagi anak TK sampai para pekerja dewasa, masih belum ada alat tulis yang mampu menggantikan peran kertas, peran kertas yang pelan-pelan menggerogoti alam kita karena kertas terbuat dari pohon. dari sedikit masalah tersebut munculah ide usaha dan peluang usaha daur ulang kertas, Kertas mudah didaur ulang menjadi bahan yang lebih bermanfaat lagi.

Akhir-akhir ini istilah go green menjadi hal yang cukup dicermati oleh masyarakat. Salah satunya berkaitan dengan pemanfaatan kertas yang disinyalir memiliki andil dalam berkurangnya lahan hijau di muka bumi. Sebagai salah satu benda yang paling sering digunakan oleh umat manusia sejak zaman dahulu kala, kertas menggunakan bahan alami, yaitu salah satu bagian dari kayu pada pohon. Hal inilah yang membuat pemanfaatan kertas diamati secara khusus, karena salah satu penyebab global warming adalah pengurangan lahan hijau seperti hutan. Pada kesempatan kali ini sipendik akan mengulas seputar peluang usaha kertas bekas

Di berbagai tempat sering dipaparkan mengenai bahaya serta dampak yang terjadi karena pemanfaatan kertas yang berlebihan. Berbagai pihak mulai berlomba-lomba untuk mencari cara agar maasalah kertas ini bisa ditanggulangi. Salah satu cara yang cukup membantu untuk mengatasi masalah ini adalah pemanfaatan kertas bekas. Ternyata, kertas yang selama ini kita pergunakan baik untuk kepentingan sekolah, perkantoran, dan sebagainya, dapat didaur ulang. Kertas bekastersebut dapat dimanfaatkan menjadi kertas daur ulang bahkan benda-benda siap pakai yang tentunya memiliki nilai tambah

Hal inilah yang dapat menjadi peluang bisnis bagi Anda. Anda dapat menggeluti peluang usaha ini sebagai penjual kertas bekas. Kertas tersebut nantinya akan dimanfaatkan oleh industri daur ulang kertas atau industri-industri barang siap pakai yang memanfaatkan kertas bekas sebagai bahan bakunya. Mengingat angka penggunaan kertas sehari-hari sangat tinggi, arus perputaran kertas menjadi cepat. Hal ini membuat perdagangan kertas bekas menjanjikan keuntungan yang berlipat ganda.

  • Pastikan mendapatkan penampung tangan pertama
    Jangan lagi libatkan pemasok pabrik atau menggunakan perantara untuk mensuplai kertas. Ini akan menurunkan nilai keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Jadi pastikan dulu Anda bisa mendapatkan penampung produk kertas bekas yang merupakan produsen langsung dari pengolahan kertas bekas. Ini akan membuat harga jual kertas bekas Anda cukup tinggi dan memberi Anda ruang keuntungan lebih baik.
  • Pasang tariff beli lebih baik
    Meski barang bekas, jangan anggap barang limbah ini sebagai barang tidak bernilai sampai Anda beli dengan harga terlalu miring. Untuk sukses menjalin kerjasama dengan pabrik, Anda harus pastikan sanggup memenuhi suplai rutin yang ditargetkan. Demi bisa mencapai target suplai, penting untuk Anda memastikan pasar pemasok lebih tertarik menjual kertas bekas mereka pada Anda ketimbang pesaing Anda. Jadi jangan ragu beli lebih mahal untuk memastikan suplai terpenuhi. Mario sengaja memasang harga beli sampai kisaran Rp 2000 perkilonya di atas harga pasaran dari pembeli loak lainnya.
  • Jalin kerjasama dengan supplier
    Bagi beberapa instansi dan perusahaan, tumpukan kertas dan kardus adalah masalah, karena memakan tempat dan tidak efisien. Jadi justru kehadiran Anda bisa mejadi solusi bagi mereka. Untuk itu ada baiknya jalin kerjasama dengan beberapa perusahaan, instansi, supermarket, pertokoan untuk secara periodik mengambil stok kertas dan kardus bekas mereka. Ini akan semakin membantu Anda menjaga suplai kertas dan kardus nda tetap stabil.
  • Perlakukan sebagai barang bersih
    Untuk menjaga nilai jual kertas bekas tetap tinggi, jangan perlakukan kertas bekas sebagai sampah. Tumpuk dengan rapi, hindari lipatan dan kerusakan pada kertas dan kardus. Pastikan ruang simpan bebas tikus, serangga dan jamur yang bisa merusak kualitas kertas. Hindari penumpukan sembarangan dengan gudang penyimpanan yang tidak layak. Semakin baik gudang penyimpanan semakin baik kondisi kertas yang tersimpan di dalamnya dan semakin baik pula nilai jualnya.
  • Perlakukan karyawan dengan baik
    Menurut Mario salah satu kunci keberhasilannya justru terletak pada hubungan baiknya dengan karyawan. Ada lebih dari belasan karyawan yang bekerja padanya sebagai penyortir kertas. Kertas dan kardus perlu disortir berdasar ketebalan, warna dan kondisi. Sedang proses ini memerlukan perlakuan manual yang memakan waktu. Mario memperlakukan karyawannya dengan baik menyadari bahwa roda usahanya sangat bergantung pada kinerja karyawan. Mario sendiri terhitung memberikan upah kerja yang baik untuk karyawannya supaya mereka betah. Sulit bagi Mario kalau karyawan keluar masuk karena memaksa dirnya menambah jam kerja untuk melatih karyawan.
  • Optimalkan masalah pengiriman
    Kadang kerusakan kertas dan kardus justru terletak pada proses pengiriman. Karenanya penting seorang pelaku usaha untuk memastikan setiap pengiriman berjalan aman. Bagi Mario dengan menyediakan sendiri kendaraan pengantar, maka bisa menekan biaya dan resiko pengiriman lebih baik.

Tinggalkan Balasan