Analisa Usaha Bisnis Bakso Bakar, Omset dan Modal Usaha

analisa usaha bakso bakar

analisa usaha bakso bakar, Bakso bakar menjadi trending di beberapa bulan belakangan, karena unik dan murah meriah. tidak disangka di beberapa provinsi khusunya di pulau jawa, usaha ini sangat berkembang hingga tumbuh beberapa toko kuliner dengan teknik pokoknya adalah bakso yang dibakar.

Seperti yang kita tahu bahwa bakso merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari daging sapi. Namun tidak hanya daging sapi saja karena sekarang masyarakat cukup kreatif dengan menciptakan beraneka jenis bakso mulai bakso dari daging ayam, ikan, kambing, burung, kelinci dan lain-lain. Ada banyak sekali jenis dan menu bakso yang ada di sekitar kita namun kali ini kita akan membahas seputar bakso bakar, salah satu menu bakso yang cukup di idolakan para pecintanya.

Bakso bakar merupakan salah satu jenis olahan dari bakso hasil inovasi para pengusaha dalam mencari lahan baru demi mencari keuntungan. Untuk memulasi usaha ini sebenarnya tidak diperlukan modal yang besar, dengan hanya sekitar 9 jutaan saja anda sudah bisa menjalankan usaha ini.

Analisa Usaha Bisnis Bakso Bakar Peluang Usaha Modal Kecil Menggiurkan

Nah penasaran kan kira-kira apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha bakso bakar ini dan berapa kira-kira perkiraan keuntungannya, silahkan lihat analisa kami berikut ini :

Modal Usaha Bakso Bakar

Berikut ini contoh proposal usaha bakso bakar secara sederhana yang telah meliputi modal awal usaha seperti perlengkapan usaha bakso, modal atau pengeluaran bulanan, penetapan harga bakso bakar serta keuntungan bulanan yang mungkin diraih dari usaha bakso bakar ini.

Modal Awal Usaha Bakso Bakar
Peralatan Masak : Rp. 500.000,-
Stan/Both/Gerai portable : Rp. 750.000,-
Total modal awal : Rp. 1.250.000,-

Pengeluaran Bulanan
Bahan baku (bakso) : 150 bakso @ 1.500 = 225.000 x 30 hari : Rp. 6.750.000,-
Bumbu : Rp. 300.000,-
Gas, tusuk sate, dan lain-lain : Rp. 400.000,-
Total pengeluaran bulanan : Rp. 7.450.000,-

Keuntungan Bulanan
Omzet harian : 50 x 8.000 = Rp. 400.000,-
Omzet bulanan : 30 x 400.000 = Rp. 12.000.000,-

Laba Bersih
Omzet bulanan – Pengeluaran bulanan = Rp. 4.550.000,-

Tips Sukses Usaha Bakso Bakar

Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan agar usaha bakso bakar yang dikelola bisa sukses mendulang keuntungan :

Pemilihan Lokasi Usaha Yang Startegis
Pemilihan lokasi sangat menentukan banyaknya konsumen yang akan kita terima. Oleh karenanya pilihlah tempat jualan yang memang mudah dijangkau dan dekat dengan keramaian.

Harga yang Bersaing
Penetapan harga merupakan salah satu aspek yang cukup penting untuk menarik pembeli, karena biasanya pembeli mudsah tergiur dengan harga yang murah. Namun tentu bukan hanya harga yang murah saja yang membuat pengunjung juga tertarik tapi rasa yang enak juga merupakan faktor penting dimana para pembeli tersebut nantinya akan menjadi pelanggan setia anda.

Menjaga Kebersihan
Rasa memang merupakan aspek terpenting yang tak bisa dihiraukan begitu saja, namun selain itu kebersihan merupakan sebuah alasan bagi pembeli mengapa mereka mau membeli produk anda. Rasa yang enak dan harga yang murah saja belum cukup jika anda kurang menjaga kebersihan makanan maupun tempat jualan anda.

Membuat Gerai/Stan yang Menarik Perhatian
Untuk awalnya demi menarik pembeli trik ini bisa digunakan dan cukup ampuh. Gerai yang menarik akan mengalihkan perhatian pengunjung yang lewat didepan gerai anda sehingga secara tidak sadar mereka akan membaca menu yang anda tampilkan dan ketika mereka tertarik mereka akan menjadi konsumen anda. Jadi sangat penting untuk membuat gerai yang menarik perhatian pengunjung.

Sedikit tips tambahan agar bakso bakar anda semakin laris manis dipasaran yakni kreasikan bakso bakar anda dengan memberikan aneka pilihan rasa yang berbeda seperti bakso bakar balado, bakso bakar pedas, bakso bakar barbeque, dan lainnya. Hal ini  tentu akan menambah daya tarik dan rasa penasaran para pengunjung.

Nah demikianlah ulasan singkat dari kami seputar bisnis bakso bakar peluang usaha modal kecil menggiurkan ini. Semoga dari apa yang kami sampaikan ini dapat menginspirasi anda yang tertarik ingin menjalankan usaha sendiri terutama bagi anda yang sedang mencari peluang usaha sampingan maupun usaha rumahan yang menjanjikan.

Tinggalkan Balasan