Resiko dan Peluang Usaha Laundry Sepatu

usaha laundry sepatu

Jenis bahan sepatu yang beragam serta bagian sepatu yang cukup kompleks, membuat proses pencucian sepatu lebih lama dibandingkan dengan usaha laundry pakaian. Bahkan untuk jenis sepatu tertentu, pengerjaannya bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Selain itu, dibutuhkan juga tenaga ahli yang berpengalaman dengan berbagai macam jenis dan bahan sepatu karena konsumen tidak hanya butuh sekedar menghilangkan kotoran pada sepatu saja, namun juga ingin keindangan sepatu selalu terjaga hingga bisa menunjang penampilan si pemakai.

Meski saat ini bisnis laundry sepatu mulai bermunculan di kota-kota besar, sayangnya keberadaan bisnis ini belum dikenal masyarakat luas. Kebanyakan pelanggan jasa cuci sepatu hanya didominasi kalangan anak muda dan masyarakat kelas premium. Untuk bisa tetap bertahan di niche pasar tersebut, diperlukan inovasi agar konsumen bisa tetap loyal dan tak bosan menunggu antrian yang cukup lama. Misalnya dengan menambahkan fasilitas berupa jasa servis sepatu, atau bisa juga membuat kedai minuman disebelah lokasi usaha agar konsumen tak bosan ketika mereka menunggu sepatu yang sedang dibersihkan.

Strategi Pemasaran

Mengingat target pasar yang dibidik adalah kalangan anak muda dan masyarakat menengah ke atas, maka media promosi yang cukup efektif untuk digunakan yaitu social media. Seperti misalnya yang sekarang ini sedang hits digunakan anak muda adalah instagram, twitter, dan facebook. Pastikan bahwa Anda telah memiliki akun yang sesuai dengan brand bisnis laundry sepatu yang sedang dijalankan. Selanjutnya untuk meyakinkan konsumen, Anda bisa memposting beberapa tampilan foto sepatu yang belum dibersihkan dan setelah dibersihkan, dengan begitu konsumen akan lebih percaya dengan kualitas layanan yang Anda berikan.

Selain aktif promosi dan menyapa calon pelanggan di social media, Anda juga bisa menggandeng komunitas yang berhubungan dengan lifestyle anak muda, misalnya seperti komunitas sepatu sneakers, pecinta olahraga, dan lain sebagainya. Sesekali Anda juga bisa membuka stand atau booth jasa laundry sepatu di event-event tertentu yang dihadiri kalangan anak muda di kota Anda. Contohnya seperti di event Car Free Day yang sering diadakan rutin setiap hari Minggu di kota-kota besar di Indonesia.

Kunci Sukses

Untuk bisa terus bertahan di tengah ketatnya persaingan, dalam menjalankan bisnis jasa laundrysepatu yang terpenting Anda bisa menawarkan harga yang kompetitif serta terus menjaga kualitas pelayanan dan hasil cucian sepatu.

Disamping itu, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda juga bisa memberikan fasilitas antara jemput untuk konsumen dalam kota atau bisa juga melalui jasa ekspedisi untuk melayani konsumen di luar kota. Terakhir, Anda bisa menyediakan jasa tambahan berupa jasa perbaikan sepatu atau melengkapi workshop dengan toko sepatu limited edition sebagai nilai plus bisnis anda.

Analisa Ekonomi Peluang Usaha Laundry Sepatu

Asumsi Bisnis Laundry Sepatu Skala Rumahan
Sebagai langkah awal, bisnis laundry dikerjakan dari rumah

Modal awal
Peralatan (aneka macam sikat, handuk, dll)          Rp 1.000.000,00
Cleaner, shampoo, dan bahan perawatan sepatu        Rp 2.000.000,00
Branding tools (spanduk, baner, brosur, dll)        Rp 1.500.000,00+
Total                                               Rp  4.500.000,00

Pemasukan 
Dalam Sehari bisa mencuci 15 pasang sepatu dengan tarif Rp 35.000,00/ pasang
Omzet Jasa pencucian :
Rp 35.000,00 x 15 pasang x 25 hari = Rp 13.125.000,00

Pengeluaran 
Biaya gaji 1 pegawai                                 Rp 1.000.000,00
Biaya listrik, air telepon                           Rp 1.000.000,00
Biaya promosi                                        Rp    500.000,00
Sabun, pewangi, pelembut                             Rp 5.000.000,00+
Total                                                 Rp 7.500.000,00 

Laba Bersih 
Laba bersih per bulan  = Rp 13.125.000,00 – Rp 7.500.000,00 = Rp 5.625.000,00

Tinggalkan Balasan