Ternak Menguntungkan Di Lahan Sempit

ternak di lahan sempit
Ternak Menguntungkan Di Lahan Sempit, Ternak merupakan salah satu kegiatan rumah yang dapat dikembangkan menjadi bisnis rumahan, “lahan” menjadi salah satu step penting yang harus di lalui sebelum memulai berternak, abad 20 ini sudah sangat jarang sekali lahan yang luas serta dapat di kembangkan menjadi bisnis rumahan. Kota yang padat dan penuh pemukiman serta kebutuhan masyarakat yang meningkat menjadikan lahan di indonesia kini kiat sempit khususnya di kota-kota besar.
Bagaimana jika lahan sempit tersebut dimaksimalkan dengan baik ? khususnya untuk beternak sehingga menghasilkan pundi-pundi uang yang bernilai bagi kehidupan sehari-hari.

Jika, pemirsa tertarik ingin memulai usaha ternak yang menguntungkan, tapi dapat dimulai dengan modal kecil serta lahan yang sempit. Pada artikel tentang usaha ternak ini, anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan Anda tersebut. Oleh karena itu, simak saja sampai akhir artikel dan cermati, peluang usaha ternak dan budidaya mana yang lebih menguntungkan. Usaha ternak itu tidak harus didesa saja, tapi bagi anda yang tinggal di kota pun dapat memulainnya. Tinggal pilih saja jenis hewan yang cocok dan tentunya dapat menguntungkan walaupun di ternak di lahan yang sempit sekalipun. Dan berikut ini diantaranya :

1. Usaha Budidaya Belut.

Binatang yang sekilas terlihat menjijikan, karena belut itu memiliki tubuh yang persis seperti cacing dan ular, hanya saja belut ini memiliki kandungan gizi yang sungguh luar biasa. Biasanya, belut sering kali kita jumpai di ladang para petani atau sawah, karena memang lumpur adalah tempat yang cocok bagi binatang ini. Walaupun menjijikan, belut juga banyak di buru oleh banyak orang, baik di pancing maupun di tangkep malam-malam.

Apakah belut juga bisa di budidaya ?. Tentu saja, anda juga bisa memulai usaha ternak belut di lahan yang sempit dengan media drum bekas. Dengan menggunakan drum bekas, kita dapat membudidaya belut di lahan yang sempit sekalipun, karena drum bisa kita letakan di emperan rumah atau disamping dan belakang rumah kita. Jadi, tidak perlu punya modal yang besar dan punya lahan yang luas kalau ingin memulai usaha ternak atau budidaya belut.

Di daerah saya sendiri, kini harga belut bisa mencapai 30/kg dan bahkan lebih. Sehingga, usaha budidaya belut ini benar-benar bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan sekali. Anda bisa bayangkan, jika anda punya 10 drum yang masing-masing drum bisa memuat belut yang banyak, maka bisa dipastikan anda akan menjadi jutawan hanya dari budidaya belut saja. Untuk bibitnya, anda bisa membeli di pasar atau mencarinya di sawah-sawah petani. Jadi tunggu apalagi, mulai sekarang. Budidaya yang mudah tapi menguntungkan.

2. Usaha Budidaya Ikan Lele.

Budidaya lele merupakan salah satu jenis peluang usaha dibidang budidaya yang paling banyak diminati serta potensi menguntungkan yang jauh lebih besar. Selain itu, usaha budidaya ini juga sangat mudah dan tidak memerlukan modal usaha yang besar dan memakan lahan yang luas. Budidaya lele juga bisa menggunakan media terpal serta tahan di semua jenis air, baik air yang keruh, air berjalan maupun tidak tetap saja, lele bisa bertahan hidup, enaknya seperti itu.

Oleh sebab itu, jika anda sedang mencari peluang usaha ternak yang menguntungkan dengan modal kecil dan bisa di mulai di lahan yang sempit, maka usaha budidaya lele bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk anda. Anda tinggal membeli bibit dan terpal saja, jadi tidak perlu bikin kolam yang mewah dan besar, yang mana hal tersebut akan memakan modal yang besar. Untuk pakan, bisa gunakan daun talas dan tinggal cari saja di kebun. Jadi, sangat menghemat biaya diawal, tapi potensi menguntungkan bisa anda dapatkan.

3. Usaha Ternak Kroto.

Sama halnya budidaya belut maupun budidaya ikan lele, ternak kroto bisa di mulai di lahan yang sempit dan juga memiliki prospek yang cukup cerah dan menjanjikan. Ini dikarenakan harga kroto semakin tinggi dan bahkan harga perkilonya seperti harga emas, sekitar 200ribu dan bahkan bisa naik. Kroto yang semakin langka dan sulit di dapat di hutan, tidak seperti dulu kita bisa menemukannya dengan mudah di pinggir jalan sekalipun.

Kroto salah satu makanan favorit burung berkicau, dikarenakan gizi tang terkandung di dalam kroto atau telur rangrang tersebut sangat baik untuk pertumbuhan burung, sehingga burung akan lebih agesif, sehat dan bisa tetap berkicau. Anda bisa mencoba usaha ternak kroto, caranya cukup mudah. Karena kita bisa menggunakan toples sebagai medianya. Jika ingin tahu cara ternak kroto, anda biasa gogeling saja.

4. Usaha Ternak Jangkrik.

Ternak jangkrik juga bisa anda jadikan alternatif bagi anda yang ingin memiliki usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Anda biasa ternak jangkrik dan sekaligus ternak kroto, karena ke dua jenis ternak yang masih berhubungan. Enaknya ternaj jangkrik ini sama seperti ternak kroto, tidak menuntut modal yang besar, dan juga tudak memerlukan lahan yang luas untuk memulainnya, karena di dalam rumah pun kita bisa memulai usaha jangkrik maupun kroto.

Segera lakukan tindakan dan mulailah sekarang juga, dan karena siapa tahu usaha ternak jangkrik ini dapat menjadikan anda orang yang sukses atau jalan anda untuk jadi orang yang sukses.

5. Usaha Budidaya Ikan Patin

Budidaya ikan patin salah satu jenis usaha dibidang budidaya yang memiliki potensi untung yang besar. Ikan patin masih hampir sama seperti dengan ikan lele, dengan kata lain ikan ini memiliki daya hidup yang kuat meskipun masih kalah jauh dengan ikan lele. Banyak yang mengatakan apabila ikan patin memiliki rasa yang lebih enak dari ikan lele, selain itu harganya jauh lebih mahal. Sehingga, akan menguntungkan bagi mereka yang punya usaha budidaya ikan patin ini. Jadi segera mulai dan jangan tunda lagi.

Ternak merupakan jenis peluang usaha yang cocok untuk sampingan dan juga bisa disebut usaha rumahan.

Tinggalkan Balasan