Tips dan Perhitungan Peluang Usaha Karangan Bunga

peluang usaha karangan bunga

Tips dan Perhitungan Peluang Usaha Karangan Bunga, Karangan bunga selalu di jadikan sebuah persembahan bagi mereka yang sedang mengalami suka maupun duka, penjualan bunga sangat efektif apabila di jual di tempat yang notabene adalah mahasiswa, berikut ini adalah tips dan perhitungan peluang usaha karangan bunga yang perlu anda ketahui

Ini Kiat Mempromosikan Bisnis Karangan Bunga

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, melakukan promosi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Manfaatkanlah media sosial dan buatlah website untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan diluar sana.

Gunakan Instagram sebagai media sosial untuk melakukan promosi usaha. Upload karangan bunga dengan semenarik mungkin agar pelangan tertarik dengan usaha anda. Sediakan juga informasi tempat usaha dan kontak anda agar para pelanggan mudah untuk melakukan pemesanan karangan bunga.

Gunakanlah pula website sebagai sarana anda dalam mempromosikan usaha yang dirintis. Jelaskan secara rinci harga sewa karangan bunga dan contoh karangan bunga yang telah anda rangkai. Cara seperti ini efektif untuk mendapatkan pelanggan yang sibuk dan tidak sempat untuk datang secara langsung.

Walaupun teknologi bisa mendukung promosi usaha anda, jangan pernah melupakan teknik promosi secara konvensional. Manfaatkan media cetak dan banner untuk mengenalkan usaha karangan bunga anda. Carilah koran lokal yang memiliki pembaca terbesar dikota anda sebagai media untuk berpromosi. Tempatkan pula banner di setiap sudut kota agar mudah dilihat oleh para pelanggan anda.

Anda bisa juga menawarkan usaha anda melalui mulut ke mulut, caranya adalah dengan menawarkan jasa kepada teman-teman anda. Teman yang anda kenal akan lebih percaya dengan usaha anda karena adanya ikatan emosional yang telah anda bangun dengan mereka.

Jika teman anda merasa puas dengan jasa anda, mereka pasti dengan sendirinya merekomendasikan jasa anda kepada orang lain yang mereka kenal. Inilah yang disebut dengan kekuatan promosi dari mulut ke mulut.

Mengkombinasikan promosi konvensional dan media sosial akan menjadikan usaha yang anda rintis lebih mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Jadi, jangan hanya terpaku dengan satu jenis media promosi saja. Manfaatkanlah sebanyak-banyaknya media promosi untuk mendukung kesuksesan usaha anda.

Permintaan Naik-Turun

Bisnis karangan bunga sangat tergantung dengan banyak tidaknya acara yang sedang diselenggarakan dikota anda. Acara wisuda dan pelantkan pejabat tidak setiap hari terjadi di sebuah kota. Begitu juga dengan acara pernikahan yang biasanya sering diadakan pada saat sabtu dan minggu.

Dengan adanya hal diatas usaha karangan bunga yang anda jalani akan mengalami kondisi naik dan turun permintaan pasar. Jadi untuk mengatasi masalah ini, anda harus menyiapkan karyawan anda untuk terus ada walaupun hari minggu datang. Hal ini dikarenakan permintaan karangan bunga sangat banyak pada hari tersebut.

Anda juga harus proaktif mengetahui perkembangan dikota anda. Tujuannya agar mengetahui acara yang kemungkinan akan menggunakan jasa anda. Jika anda sudah mengetahui jadwal tersebut, anda sudah bisa jauh-jauh hari menyiapkan karyawan untuk stand by merangkai bunga dan mengantarkannya.

Harga Bunga yang Fluktuatif dan Keterbatasan Varian

Kendala selanjutnya yang dihadapi dalam bisnis karangan bunga adalah kondisi harga bunga yang mengalami fluktuatif dipasar. Harga bunga yang naik dan turun akan mengakibatkan kesulitan dalam menentukan harga pokok bunga yang diperoleh. Apalagi bunga yang anda pesan jumlahnya tidak sedikit dan akan sangat sulit sekali untuk mengetahui masing-masing harga pokoknya.

Kendala selanjutnya yang muncul dalam usaha ini adalah keterbatasan varian bunga dari para pemasok bunga. Keterbatasan varian bunga bisa karena stok yang habis dari para pemasok atau bisa karena bunga yang bersifat musiman.

Jika kendalanya adalah karena pemasok kehabisan stok bunga, anda bisa mencegahnya dengan bekerja sama dengan lebih dari satu pemasok bunga. Sehingga disaat ada pemasok yang tidak memiliki stok, anda bisa menghubungi pemasok yang lain.

Atau anda bisa menggunakan sistem order langsung, dimana anda telah sepakat dengan pemasok bahwa setiap bulannya harus ada sekian puluh bunga masuk ke dalam toko anda.  Dengan cara ini, pemasok anda pasti akan lebih memprioritaskan untuk memenuhi pesanan anda.

Namun, jika jenis bunga tertentu tidak bisa disediakan anda bisa menawarkan alternatif lain. Dimana anda bisa menawarkan alternatif bunga yang lain kepada pelanggan anda. Alternatif bunga yang anda tawarkan haruslah memiliki nilai yang sama, agar pelanggan anda tidak merasa kecewa dan dirugikan.

Analisa Modal Usaha

Agar memudahlan anda untuk memulai usaha karangan bunga, berikut analisa modal beserta perkiraan laba yang mungkin bisa anda dapatkan.

MODAL AWAL USAHA

10 Papan Bunga + Bunga + Jarum (@1.500.000)                                                                Rp 15.000.000

PERKIRAAN LABA/RUGI USAHA

PENDAPATAN USAHA

Sewa Papan Bunga (5 Karangan Bunga x 30 Hari x Rp 250.000)                                     Rp 37.500.000

BEBAN USAHA

Biaya Antar Bunga (Rp 100.000 x 30 Hari)                                                Rp   3.000.000

Biaya Merangkai Bunga (5 Karangan x 30 Hari x Rp 40.000)                 Rp   6.000.000

Gaji 3 Karyawan ( 3 x Rp 2.000.000)                                                          Rp   6.000.000

Listrik, Air, dan Telepon Kantor                                                                    Rp   1.000.000

Modal Membeli Bunga Hidup                                                                         Rp 10.000.000 +

Total Beban Usaha                                                                                                                          (Rp 26.000.000)

Perkiraan Laba Usaha                                                                                                                Rp  11.500.000

Asumsi diatas adalah jika anda mampu menyewakan 5 papan bunga standar dalam satu hari selama satu bulan penuh. Jika anda bisa menyewakan lebih banyak papan bunga dan juga menyewakan papan bunga yang premium, omset yang anda dapatkan bisa lebih besar dari perkiraan tersebut. Jadi, besar kecilnya laba yang akan anda dapatkan sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya papan bunga yang anda sewakan.

Jika anda, telah selesai membaca tips, hambatan, sampai analisa usaha karangan bunga. Sekarang saatnya anda melakukan aksi nyata dengan mewujudkan bisnis yang anda idamkan.

Tinggalkan Balasan